Selasa, 28 April 2015

Konsep 5D



sumber : 
http://beritatrans.com/2014/09/29/fred-smith-selamatkan-fedex-dari-uang-judi/


KONSEP 5D YANG BANYAK DITERAPKAN DI BIDANG BISNIS, YAITU:
Ø  DREAM (BERMIMPI) = memiliki visi dan kemampuan untuk menerapkannya
Ø  DECISIVENESS (KETEGASAN) = pengambilan keputusan yang cepat dan tepat merupakan kunci untuk sukses
Ø  DOERS (PELAKU) = sekali memutuskan suatu tindakan harus menerapkannya secepat mungkin
Ø  DETERMINATION (PENENTUAN) = melaksanakan usaha dengan komitmen total walau ketika menghadapi hambatan.
Ø  DEDICATION (DEDIKASI) = punya etos kerja yaang tak kenal lelah

CONTOH BISNIS INTERNASIONAL YANG MENERAPKA 5D

Perusahaan Parcel dari Tiongkok
Fred Smith menghasilkan “undergraduate thesis” model distribusi barang kiriman kecil (parcel) dari pengamatan di kantor pos dan perusahaan pengiriman UPS.
Pada tahun 1965, saat masih kuliah di Yale University, seorang pemuda bernama Fred Smith menulis sebuah makalah ekonomi yang membahas mengenai bagaimana barang-barang diangkut ke AS. Saat itu, para pengirim barang berfokus pada pengangkutan paket-paket besar di seluruh wilayah AS dengan truk atau pesawat terbang khusus penumpang.
Smith menggagas dalam makalahnya saat itu bahwa sebuah perusahaan yang mengirimkan barang-barang yang penting tetapi berukuran kecil dengan pesawat terbang bisa menjadi opsi yang lebih efisien daripada perusahaan-perusahaan yang sudah ada. Smith menyusun makalah itu secara tergesa-gesa sebelum waktu akhir pengumpulan tugas dan tidak merinci lebih lanjut mengenai bagaimana menjalankan sebuah perusahaan dalam realitanya. Sang dosen memberikan nilai C pada makalah Smith itu. Namun, Smith tidak pernah berhenti berpikir mengenai ide bisnis yang ia jabarkan di dalam makalah tadi. Ia ingin sekali mendirikan sebuah perusahaan pengiriman barang secara ekspres.
Tahun 1971 menjadi tonggak penting bagi Smith karena di tahun itu ia mendirikan perusahaan baru yang saat ini kita kenal sebagai FedEx.
Setelah akuisisi itu, semua lokasi FedEx Kinko’s menawarkan opsi pengiriman FedEx yang baru atau diperluas untuk kemudahan pengguna layanan.
Pada bulan September 2004, FedEx Corp. mengakuisis Parcel Direct, konsolidator parsel terkemuka, dan kemudian me-rebrandingnya menjadi FedEx SmartPost. Akuisisi ini melengkapi kerjasama FedEx dengan Kantor Pos AS dan memberikan pelanggan di segmen katalog dan e-commerce dengan solusi yang hemat biaya dan terbukti efektif untuk pengiriman barang ke rumah-rumah yang beratnya tidak begitu tinggi atau lebih tidak peka waktu.
Pada tahun 2006, FedEx Corp. mengakuisisi ANC Holdings Limited, sebuah perusahaan transportasi cepat domestik. Transaksi ini memungkinkan FedEx Express untuk melayani secara langsung seluruh pasar Inggris. ANC kemudian di-rebranding menjadi FedEx UK.
Di tahun 2007, FedEx Corp. mengakuisisi separuh saham perusahaan patungan FedEx-DTW International Priority Express Tianjin Datian W. Group Co., Ltd. dan jaringan pengiriman cepat domestik DTW Group di Tiongkok. FedEx kemudian meluncurkan layanan cepat domestik yang melayani pasar Tiongkok.
Baru-baru ini, FedEx Corp. meneruskan akuisisi perusahaan-perusahaan transportasi domestik internasional dengan akuisisi-akuisis perusahaan pengiriman cepat India Prakash Air Freight Pvt. Ltd. (PAFEX) dan AFL Pvt. Ltd./Unifreight India Pvt. Ltd. , perusahaan pengiriman cepat Hungaria Flying-Cargo Hungary Kft, perusahaan pengiriman cepat Meksiko Servicios Nacionales Mupa, S.A. de C.V. (MultiPack), perusahaan kurir Polandia Opek Sp.z o.o. (Opek), perusahaan pengiriman Perancis TATEX dan penyedia logistik dan transportasi Brazil Rapidão Cometa.
Semua perusahaan yang dimiliki FedEx melalui akuisisi, di samping membuat portofolio layanan FedEx lebih terdiversifikasi, juga menunjukkan semangat “absolut dan positif” yang sama yang ditunjukkan FedEx.
Saat ini, FedEx Corporation merupakan penyedia utama layanan informasi dan pengiriman, dan perusahaan-perusahaan itu bekerja di bawah motto “bekerja secara mandiri, bersaing bersama dan mengelola secara kolaboratif”. Dengan menjalankan perusahaan secara mandiri, setiap perusahaan bisa fokus dengan lebih baik pada peningkatan layanan untuk pasar tertentu. Bersaing secara kolektif di bawah nama FedEx memastikan semua perusahaan itu mendapatkan manfaat dari salah satu brand terbaik dunia ini. (sofie maulida).

0 komentar :

Posting Komentar